Tentang Kami

DEWAN KESEHATAN RAKYAT JAWA TENGAH

DEWAN KESEHATAN RAKYAT (DKR) Jawa Tengah adalah bagian atau Cabang di tingkat Propinsi jawa Tengah dari Organisasi Masyarakat yang didirikan dan dibina oleh DR. Dr. Siti Fadilah Supari Sp.JP(K) bersama rakyat dan relawan kesehatan pada 12 Maret 2008.

Sebagai organisasi para relawan dan kader kesehatan yang independen dan non-profit DKR terdaftar di Direktorat Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan Nomor : 367/D.III.4/VI/2011.

Apa Visi DKR?
Visi DKR adalah :

Apa Misi DKR ?
Untuk mencapai Visi tersebut maka Misi DKR adalah menyadarkan rakyat terhadap hak-haknya sebagai warga negara terutama dibidang kesehatan

Apa Program DKR Jawa Tengah?

ADVOKASI PARTISIPASI

DKR Jawa Tengah mendorong masyarakat untuk terlibat aktif mengawal, memastikan dan mempertahankan hak-hak masyarakat terutama di bidang kesehatan. Dengan cara terlibat dalam MUSRENBANG DESA, MUSRENBANG KABUPATEN/KOTA, dan MUSRENBANG PROVINSI

Dalam mendorong Partisipasi Masyarakat , DKR mendirikan serta membina RT Siaga, Desa Siaga, dan Kelurahan Siaga di seluruh wilayah Jawa Tengah

ADVOKASI BERBASIS RAKYAT

DKR Jawa Tengah mengadvokasi pasien miskin dan pasien tidak mampu serta pasien dengan penyakit berat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan maksimal secara cuma-cuma. Baik melalui BPJS PBI, Jamkesda maupun SKTM

ADVOKASI KEBIJAKAN

DKR mengawal dan memastikan Kebijakan dan program pemerintah terutama di bidang kesehatan untuk agar berpihak pada rakyat miskin dan tidak mampu serta pasien dengan penyakit berat

Dalam melakukan Advokasi Kebijakan DKR membangun perjuangan bersama dengan berbagai organisasi sektoral : Serikat Tani, Serikat Buruh, Organisasi Rakyat Miskin Kota, Organisasi Pemuda dan Mahasiswa, Organisasi Keagamaan dan Organisasi Kebudayaan dalam membela hak-hak rakyat yang mendasar.

Apa Tugas Relawan dan Kader DKR ?
Kader dan relawan yang tergabung di dalam DKR bertugas memberikan kesadaran kepada rakyat tentang hak-haknya terutama di bidang kesehatan.

Kader dan relawan DKR juga bertugas memastikan pembangunan RT Siaga, Desa Siaga, Kampung Siaga, dan Kelurahan Siaga di seluruh wilayah Jawa Tengah. Agar masyarakat berdaya atau Tangguh dalam menghadapi bencana kesehatan yang disebabkan oleh penyakit maupun alam.

Kader dan relawan DKR juga bekerja di kalangan rakyat bertugas memastikan rakyat miskin dan tidak mampu mendapatkan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma di Puskesmas dan Rumah Sakit.

Kader dan Relawan DKR juga bertugas memastikan kebijakan dan program pemerintah berpihak pada rakyat khususnya Jaminan Kesehatan untuk Seluruh Rakyat di wilayah Propinsi Jawa Tengah.

Apa Itu Desa Siaga?

Desa Siaga, RT Siaga, Kampung Siaga, Kelurahan Siaga dibentuk agar rakyat setempat bisa mandiri dalam menjaga diri dan lingkungan saat menghadapi darurat kesehatan yang disebabkan oleh penyakit maupun bencana alam.

Forum Desa Siaga diadakan rutin seminggu sekali untuk mendata dan mencari jalan keluar secara gotong royong terhadap berbagai persoalan yang dihadapi rakyat setempat.

Bangun Solidaritas!

Data jumlah pasien yang diadvokasi oleh DKR secara Nasional untuk mendapatkan pelayanan di rumah sakit maupun puskesmas setiap tahun meningkat. Rekapitulasi jumlah pasien yang dibantu oleh DKR sebanyak 3.211 pasien (2008), 14.230 pasien (2009), 75.212 pasien (2010), 307.000 pasien (2011), 498.342 (2012) dan 733.456 (2013), 1.023.121 (2014) dan 1.200.301 (Agustus, 2015)

Berbagai penyakit menular terus meluas di masyarakat seperti HIV/AIDS, TBC, Malaria, Demam Berdarah, Cikungunya, Lepra, Filariasis (Kaki Gajah), Difteri dan lainnya.

Bencana alam juga menyebabkan gangguan pada kesehatan masyarakat seperti wabah diare, kolera, leptosporosis dan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Krisis ekonomi juga menyebabkan meningkatnya Gizi Buruk dan Gizi Kurang serta Stunting di daerah-daerah terpencil dan terisolir.

Tegakkan Kedaulatan Rakyat!
Kebijakan pemerintah tanpa keterlibatan dan pengawasan rakyat secara langsung mengakibatkan berbagai persoalan di atas. Sehingga sebagus apapun program pemerintah hanya akan melahirkan penyelewengan yang menjadi sarang calo, pungutan liar (pungli) dan koruptor.

Untuk itu DKR dan desa-desa siaga mengambil peran mendampingi pasien-pasien miskin dan tidak mampu mendapatkan pelayanan kesehatan maksimal sampai sembuh tanpa dipungut biaya.

SERUAN NASIONAL :

DKR mengajak semua lapisan masyarakat, pemerintah sipil maupun militer untuk terlibat secara sungguh-sungguh meningkatkan kesehatan masyarakat dengan cara mengadvokasi masyarakat miskin dan tidak mampu untuk mendapat pelayanan kesehatan secara cuma-cuma.

Aktifkan Desa-Desa Siaga !
DKR juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk mengaktifkan Desa Siaga, RT Siaga,  Kampung Siaga, dan Kelurahan Siaga di seluruh wilayah Jawa Tengah. Agar masyarakat peduli dan bergotong royong mengatasi persoalan rakyat setempat serta pada khsusunya menjaga kedaulatan seluruh wilayah Jawa Tengah .

Jaminan Kesehatan Untuk Seluruh Rakyat!
Seluruh rakyat Indonesia wajib melaksanakan :
Perintah Alenia 4, Preambule UUD’45 :
Pemerintah Negara Indonesia bertugas melindungi segenap bangsa Indonesia.
Perintah Pasal 28H UUD’45 :
(1) Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.
(2) Setiap orang berhak mendapat kemudahan dan perlakuan khusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan.
(3) Setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat.

Kerja Bareng, Kanthi Gayeng, Kanggo Kamanungsan