KIS Tidak Berlaku karena Berbeda Data dengan KTP


Kasus salah ketik dalam pencetakan Kartu BPJS kerap di jumpai di lapangan. Salah ketik dalam arti identitas yang tercetak dalam BPJS berbeda dengan identitas dalam KTP.

Hal ini Bisa terjadi pada nama peserta, misalnya penulisan huruf yang keliru, "y" ditulis "i" atau "a" ditulis "o" dll.

Atau bisa juga pada alamat yang keliru dalam penulisan RT, RW, nama jalan, dan juga tangggal lahir.

Perbedaan antara identitas yang tercantum dalam BPJS dan identitas di KTP mengakibatkan Kartu BPJS menjadi bermasalah dan belum berlaku sebelum identitas di samakan.

Hal ini dialami oleh Sopyan Syarip, warga dusun Kedokanjati RT.03/01 Derang kecamatan Petarukan - Pemalang. Dalam hal ini KIS yang di miliki ternyata berbeda dalam pencetakan nama. Di KTP tertulis SOPYAN SYARIP sementara di BPJS SOPYAN SYARIF. Berbeda huruf di belakang antara "P" dan "F"

Semula Sopyan tidak begitu memperhatikan hal tersebut. Namun baru tahu bermasalah setelah berada di rumah sakit.

Petugas BPJS menyatakan KIS Sopyan belum berlaku karena ada perbedaan nama. Karena bingung, keluarga Sopyan melaporkan hal ini kepada DKR Kabupaten Pemalang dan minta bantuan advokasi.

DKR kemudian menerjunkan Tim untuk membantu keluarga Sopyan dengan melakukan klarifikasi atas data Sopyan kepada BPJS. Bahwa kesalahan bukan pada Sopyan tapi justru pada BPJS sendiri yang kurang teliti dalam pencetakan kartu. Tidak mencocokan dengan Kartu Keluarga yang bersangkutan.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk revisi nama dan pencetakan ulang dengan membawa :

  1. Fotocopy KK,

  2. Fotocopy KTP,

  3. Kartu BPJS yang akan di ubah

  4. Surat Kuasa dari Sopyan karena Sopyan sendiri tengah tak berdaya terbaring di Rumah Sakit,

  5. Surat Keterangan dari Pemerintah Desa tentang Nama yang Benar sesuai Data yang tersimpan di Kependudukan.

Rumah Sakit tempat Sopyan dirawat masih memberi toleransi untuk perubahan data dalam waktu 3 x 24 jam. Dan tetap Gratis ditanggung BPJS.

Semoga kasus Sopyan - sopyan yang lain di wilayah Jawa Tengah pada khususnya tidak terjadi lagi. Pastikan seluruh identitas yang ada di KTP dan BPJS sama persis. Tidak ada perbedaan satu huruf pun. (N/PW)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama